Rabu, 19 Juni 2019

Memaknai Aktualisasi Masjid



Ceramah ustad Budi tentang Masjid.


Isinya luar biasa mencerahkan. Ceramah ini WAJIB didengarkan oleh setiap mereka yang  menjadi pengurus masjid. Ada beberapa kalimat kunci yang sangat penting kita hayati dari ceramah beliau :

1. Masjid adalah milik Allah, bukan milik mereka yang telah mewakafkan (menyumbangkn tanahnya untuk mendirikan masjid), bukan milik mereka pendiri masjid, bukan milik pengurus masjid, tetapi masjid adalah milik Allah.

2. Karena masjid milik Allah dan bukan milik golongan, maka siapapun boleh memakmurkan masjid. Selama kita tidak berani mengkafirkan seseorang maka orang itu adalah muslim dan boleh memakmurkan masjid. maka jika ada takmir yang masih berpola pikir golongan dlm mengelola masjid dia tidak pantas menjadi pengurus masjid. Jika di masjid saja masih bertikai/terpecah belah, bgmn jika diluar masjid?

3. Masjid adalah tempat mendidik lahirnya para Mujahidin.

Tanggapan: ini yang sering katakan setiap kali kita keliling ke masjid2 di Semarang dan ngobrol dengan pengurus masjidnya, bahwa masjid itu pusat peradaban. Rosul dulu bersama para sahabatnya menjadikan masjid sebagai tempat berpikir tentang problema umat, menyusun strategi perjuangan, dan tempat melahirkan para pemimpin besar sekelas Abu Bakar As Sidiq, Umar bin Khottob, Usman bin Affan, Ali bin Abi Tolib, dll. Mereka adalah para pemimpin besar yang prestasi kepemimpinannya mendunia tetapi rendah hati, dan mereka adalah produk yang lahir dari Masjid. Jadi jelas... Masjid adalah pusat peradaban, bicara tentang masjid adalah bicara tentang hidup kita, maka seluruh energi, perhatian, komitmen dan sumber daya harus kita fokuskan untuk mengelola Masjid. Sebab mengelola masjid berarti kita sedang mengelola hidup kita sendiri. Mungkinkah kita akan bersikap ala kadarnya ketika mengelola diri kita?

4. Pengurus masjid semestinya adalah mereka yang setiap hari memakmurkan masjid, bukan org yang jarang ke Masjid.

5. Jika kita belum bisa menjadikan masjid sebagai tempat yang menyatukan, berarti kita belum siap untuk bangkit berjuang demi kejayaan umat.

Subhanallah, ceramah ustad Budi tentang masjid ini sungguh luar biasa,  harus kita jadikan cermin dan parameter untuk mengukur apakah kita sudah berada di jalur yang benar dalam mengurus masjid?

dicopy dari group WA

video ceramah selengkapnya cek di akun youtube Abdullah Azfar (22 januari 2018).

Tidak ada komentar: