Sabtu, 03 Desember 2016

Mahfud MD Ajak Umat Islam Sekuler Taati Ibadah Ritual


Kamis, 8 Agustus 2013

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia, Mahfud MD, mengajak umat-umat Islam yang sekuler untuk menaati ibadah ritual. Hal tersebut disampaikan Mahfud saat memberi khotbah di Masjid Al-Azhar, Jakarta Kamis (8/8/2013).

Pada hakikatnya, ibadah puasa yang dilakukan umat Islam selama bulan Ramadan akan membawa umat kembali ke fitrah. Ibadah puasa yang dilakukan dengan iman dan kesungguhan akan membuat segala dosa umat manusia diampuni sehingga menjadi suci kembali.

Mahfud memaparkan dua hal yang perlu diingat dalam kembali ke fitrah. Pertama, puasa yang berhasil mengembalikan manusia ke posisi fitrah selalu ditandai oleh keinginan yang bersangkutan untuk menyambung puasa dengan kebaikan-kebaikan lanjutan.

Kedua, keberlanjutan amal kebaikan itu tidak hanya tertuju pada ibadah-ibadah mahdhah tetapi juga diwujudkan dalam kegiatan sosial untuk mengangkat martabat manusia.

"Ini penting karena di sebagian kalangan muslimin ada pandangan sekuler yang melihat bahwa ibadah itu hanya yang mahdah (ritual). Padahal menurut Islam, ibadah ritual itu tak terpisahkan dari ibadah sosial," kata Mahfud.

copy dari : tribunnews.com