Rabu, 20 April 2016

Jejak Digital Para Buzzers

mengingatkan twiter Mahfud MD yang http://chirpstory.com/li/272182

Jejak Digital Para Buzzers

 

Kemarin, aku sempat lihat postingan dan share postingan Mbak Renny Fernandez pemilik akun @RennyFernandez yang postingan “KEPO” di Rusun Rawa Bebek korban gusuran Pasar Ikan, termasuk salah satunya…

Buatku itu luar biasa…

Awalnya mau ikutan share juga, tapi begitu istriku, yang kebetulan jurnalis, itu ngomong “Kok seperti settingan? Kok bisa dengan mudah masuk unit rusun tanpa penghuni? Kok… Kok…?”

Kemudian, jadi teringat berita yang diterbitkan oleh MetroTVNews di: http://www.metrotvnews.com/embed/RkjXE7gN

Dari sini kemudian, kita mendapati jejak-jejak buzzer-nya Koh Ahok, antara lain di akun-akun berikut: @vaiyo @RHadiwijoyo @prastow @hotradero @kangdede78 @RennyFernandez @hariadhi @ShafiqPontoh @jokoanwar @herreza @dianparamita @danrem @kurawa

Yaa, Mbak Renny Fernandez pemilik akun @RennyFernandez yang postingan “KEPO” di Rusun Rawa Bebek korban gusuran Pasar Ikan, termasuk salah satunya… ‪#‎upssssss‬

Dari olah data cuitan mereka di twitter selama seminggu terakhir pasca pemeriksaan Ahok di KPK, tepatnya dari tanggal 13/4/2016 - 19/4/2016 dengan retrieved data terakhir jam 15:33, atau artinya setelah jam segitu datanya belum diolah lagi.

Dari sini, maka dapat diketahui bahawa para buzzers ini sudah ngetwit dan diretwit sebanyak 4863 kali cuitan, di mana 1581 cuitan menyebut Ahok dan/atau memention @Ahok_BasukiTP atau @basuki_btp, dengan kata lain 33% timeline mereka berisi tentang Ahok.

Lebih detil, kita dapat mengetahui seberapa aktif para buzzer ini dalam ngetwit, ritwit maupun diritwit dalam gambar 1 - yang dihitung satu per satu frequency dari 4863 cuit mereka.

Selanjutnya, bagaimana “kinerja” menjadi buzzer Ahok dalam gambar 2, di mana di sini kita lihat dengan benar siapa yang benar-benar bekerja sebagai buzzer, setidaknya pasca pertemuan dengan Ahok beberapa hari sebelum pemeriksaan Ahok oleh KPK.

Akhirnya, kita hitung impact dari top 5 buzzer performance dalam gambar 3, dengan menghitung secara spesifik berapa banyak cuitan mereka tentang Ahok, diritwit, dishare, dan seterusnya oleh followers mereka, dengan perhitungan PageRank Algorithm dan cuitan Ahok tersebut, kita dapat mengukur secara presisi bahwa @kangdede78 dan @hariadhi hanyalah para buzzers yang cuma bisa berisik, @danrem sebagai buzzer penggembira, sedangkan @RennyFernandez dan @kurawa memang buzzers handal dan profesional!

*Sungkem untuk kedua buzzers yang kusebut terakhir, wabil khusus yaa ke mbak-mbak yang KEPO-nya tidak sederhana itu…

dari posting akun fb mahmud syaltout tgl 20 april 2016