Part 1
- Byk yg nanya kpd sy ttg bentuk negara yg lbh pas ut RI. Sy jwb: Federasi.
- Knp? Krn wilayah RI n pnduduknya tll bsr ut dikelola scr unitaris.
- Jwbn ini mmbuat sbgian org mrh, sbb mrk meliatnya dg kcmt ideologi.
- Mmg slm ini kt sdh terbiasa mengideologikan negara kesatuan. Byk yg bilg NKRI adlh hrg mati, NKRI sdh final.
- Mrk tdk mau mliat dr segi praktis pragmatis. Slm kt ber-NKRI, bngs kt tdk sejahtra.
- Dilihat dr sg politik, RI blum beranjak dr tahap prtumbuhan n pematangan diri. Ibarat manusia, kt spt pnyandang polio. Berjalan terseok2.
- Krn itu, mari kt tanya diri sndiri, knp NKRI tdk mampu berbuat maksimal ut rkyt.
- Sy jwb, krn wlyh RI tll bsr, pnduduknya sgt byk n beragam lg. Bayangkn sj, diprlukan wkt sktr 10 jam ut trbang dr Banda Aceh ke Jayapura!
- Dg kondisi wlyh n pndduk spt itu, mustahil Pem bs mensejahterakan rkyt n brsikap adil.
- Pdhl itulah 2 syarat utama utk langgenggkan RI.
- Prnh di suatu smnr di Surabaya pd 1990an sy bentrok dg seorang pejabat yg ilmuwan.
- Dia bilg, dia cinta NKRI n siap mati utknya.
- Sy bilg, sy cinta n siap mati ut Indonesia, krn itu sy memilih bentuk negara federalis.
- Saat itu sy bilg, baik negara kesatuan maupun negara federasi adl konsep utk sejahterakan rkyt.
- Klo sebuah konsep gagal menyejahtrakan rkyt, apa mau dipertahankan jg?
- Saat sarapan keesokan harinya, sy uraikan kpd pejabat tsb ttg sistem federasi. Diapun sepakat.
- Uraian tsb sy smpaikan jg kpd sejumlah politisi, n 10 th kmdian sy bukukan dg jdul: Mengapa Indonesia Hrs Jd Negara Federasi.
- Berikut adl bbrp cuplikan dr buku yg diterbitkan olh UI Press itu pd 2002 (2x cetak).
- Moto buku tsb adlh: Tak kenal maka tak sayang. Moto ini beranjak dr fakta bhw org menolak federasi, pdhl mrk tdk memahaminya.
- Mmg slm ini byk politisi n pakar yg cndrung membela ngr kesatuan n mendiskreditkan federalisme.
- Sdh biasa slm ini kt dengar federalisme dikaitkan dg strategi Belanda (van Mook) ut memecah belah RI pd ms revolusi.
- Pd masa itu Belanda mmbentuk sjumlh "negara", shg lahirlah RIS (Ngr Ind Serikat) pd akhir 1949.
- Tentu sj maksud kolonial spt itu sgt jahat. Ditambah lg dg smangat patriotisme wkt itu, mk hancurlah reputasi federalisme .
- Pdhl tujuan federalisme tdklah ut mmecah belah suatu bgs, melainkan sebaliknya.
- Ide dsr sistem federal adlh bhw kekuasaan berada di daerah2, n daerahlah yg alokasikan sbgian kekuasaan mrk kpd pem pusat.
- Itulah prinsip yg membedakannya dg sistem kesatuan, dimana pem pusat adlh pemilik kekuasaan.
- Dlm sistem kesatuan, pem pusat alokasikan sebgian kekuasaan kpd daerah2 melalui pemberian otonomi.
- Kekuasaan yg diserahkan daerah kpd pem pusat dlm sistem federal srg disebut sbg "residual power".
- Pd dasarnya, residual power mliputi kbijakan moneter, pol luar negri, n prtahanan. Ada negara yg mlengkapinya dg keimigrasian, etc.
- Scr slintas residual power itu mengesankan terbatasnya kekuasaan pem pusat.
- Kesan smcm itu yg sll meghantui elit pol nasional n masy di P Jawa pd umumnya. Mrk pikir sistem federasi bs menamatkan kekuasaan mrk.
- Lbh parah lg ada yg berpikir bhw sistem federal menghapuskan peluang P Jawa ut dpt mengeksploitasi SDA yg melimpah di Luar Jawa.
- Krn itulah byk elit nasional mengatakan bhw bentuk ngr kesatuan sdh final. Itulah pemikiran yg bertahan sejak th 1950.
- Tdk pernh terpikirkn olh mrk betapa penting adanya suatu alternatif yg dpt mmbebaskan RI dr mimpi buruk disintegrasi nasional.
- Pdhl apabila dioperasikan scr tulus, sistem federal dpt menghilangkan ancaman disintegrasi dr bumi Indonesia.
- lbh jauh, sistem unitaris yg diterapkan slm ini justru merugikan RI sendiri.
- Hal ini krn sistem itu akibatkan terpuruknya masy di luar Jawa, bahkan mematikan kreatifitas mrk.
- Pdhl kreatifitas itu dpt mengembangkan perekonomian di luar Jawa. Bayangkan betapa bsr keuntungan RI dr sudut ini sj.
- Smntr sekian dulu. Bsk sy lanjutkan lg ttg pikiran2 yg nyeleneh yg mendiskreditkan sistem federasi. Selamat pagi Indonesia.
copy dari : http://chirpstory.com/li/65761
Part 2
- Sy lanjutkan kultwit sy ttg sistem federasi. Sebelumnya prlu sy jelaskan bhw sy tdk punya wewenang utk jdkan RI negara federasi.
- Yg punya wewenang utk mengubah bentuk ngr kt adlh para elit nasional, tentu sj mll scr konstitusional.
- Sy hy wacana di ruang publik ini. Siapa sj boleh bc n boleh tdk bc.
- Sdh sy sebut bhw dlm sistem federasi, pem pusat memiliki residual power, yakni kekuasaan yg dilimpahkan olh daerah2.
- Tp apakah dg demikian pem pusat jd tdk berdaya?
- Faktanya adlh tdk ada pem pusat dr suatu ngr federasi yg lemah keduduknnya, baik dlm arti politik maupun ekonomi.
- Tdk ada pem federal yg lbh lemah posisinya dp negara bagian.
- Lihat sj bgmn perkasanya Washington, Berlin ataupun Kuala Lumpur, dlsb menghadapi mslh internal ataupun external masing2.
- Selemah2nya pem federal, tetap sj lbh kuat dp pem negara bagian.
- Jd sm skl tdk benar bhw pem pusat tdk punya posisi kuat dlm sistem federal, dibandingkn dg posisi pem pusat dlm sistem unitaris.
- Jg tdk bnr, Indonesia akan alami disintegrasi jk suatu waktu nnt kt mjd negara federasi.
- Sebab posisi pem federal yg kuat itu memungkinnya utk lakukan negosiasi2, bukan manipulasi, dg pem negara bagian.
- Lg pula tdk ada alasan bg pem negra bagian utk membangkang, bila pem pusat bnr2 mematuhi aturan main sistem federal.
- Alasan pr elit nasional menjelek2kn sistem federasi hanyalah akal2n demi kepentingan or egoisme tertntu.
- Utk itu mrk tlh "mengagamakan" sistem unitaris
- Sering mrk katakan bhw, klo RI jd ngr federasi, mk wrg ngr tdk akan bebas lg bergerak dr satu daerah ke daerah lain.
- Trs terang sj, kecenderungan smcm itu blum pernah sy temukan dlm pengamatan sy.
- Yg sering sy liat adlh bhw mobilitas sosial sm skl tdk terhambat, shg ikatn2 seseorg thd daerah asalnya mjd longgar.
- Kaum anti federasi jg katakan bhw federasi me-nyekat2 ato membeda2kn wrg ngr. Ada yg bilg diprlukn paspor utk mmasuki ngr bag lain.
- Setau sy keadaan spt itu hy ditemukan di Malaysia yg mewajibkan wrg ngr mmbw paspor klo bepergian atr Msia Barat n Msia Timur.
- Ini semata2 krn kedua wlyh Msia itu dipisahkan perairan internasional (RI)
- Ada jg yg bilg sistem federal tdk cocok utk Indonesia, sbb pnduduk di byk prov kt beragam etnisnya.
- Pdhl justru sebaliknya, Federasi sgt cocok utk bgs kt yg sgt majemuk ini. Sbb dlm federasi, aspirasi klmpk2 etnis justru tertampung.
- Pr penentng federasi jg katakn bhw federasi tdk tepat bwt ngr kepulauan, sbb tdk ada ngr kepulauan di dunia ini yg berbntuk federasi.
- Contoh yg mrk kemukakan adlh Inggris n Filipina.
- Itu pandangn yg aneh bin ajaib, sbb Inggris n Filipina tdk tepat utk dibndingkn dg RI. Sebaran pulau mrk tdk seluas nusantara Indonesia.
- Pdhl krn sebaran kepulauan kt sgt luas, mk sistem federal justru sgt tepat utk mengelola pemerintahan di Indonesia.
- Ada jg yg katakan bhw pembentukan ngr federal akan berakibat bubarnya Indonesia.
- Ini krn pembentukan ngr federasi hrs diawali dg pembubaran RI. Stlh RI bubar, barulah ex-provinsi berunding utk bentuk ngr federasi.
- Dg sendirinya kaum anti-federasi tdk setuju bubarkan RI, krn hal itu akan membatalkan proklamasi kemerdekaan RI th 1945.
- Pendpt spt itu sgt naif. Kt tdk prlu bubarkan ngr ini hy krn kt ingin mngubah bentuk ngr.
- Sm sj halnya, Soekarno tdk bubarkan RI terlebih dhl saat mengalihkn sistem parlementer ke sistem Demokrasi Terpimpin.
- Begitu jg, Soeharto tdk bubarkan ngr ini saat dia mengubah sistem Demokrasi Terpimpin ke Demokrasi Pancasila.
- Sering pula dikatakan olh kaum yg anti-federasi bhw peluang yg dimiliki ngr bagian dlm ngr federasi tdk sm.
- Artinya, ngr bag yg kaya akan semakin kaya, sdg yg miskintetap miskin. Ini tjd di AS (tp tdk separah yg kt bayngkan), tp tdk di Jerman.
- Di Jerman, ngr2 bag yg kaya diwajibkan memberi bantuan keuangan kpd ngr2 bag yg miskin, atas dsr kpentingan bersama.
- Oleh sbb itulah bekas ngr Jerman Timur bs berkembang dg pesat.
- Sekian dulu. Besok kt sambung dg bgmn keadaan RI jk sistem federal kt terapkan. Selamat paagi.
copy dari : http://chirpstory.com/li/66299
Part 3
- Pernah bayangkan bgmn keadaan RI jk Indonesia mjd sebuah ngr federasi?
- Indonesia akan berubah scr luar biasa di bwh panji2 federal. Dlm bdg pol, integrasi bgs kt akan mantap, shg kestabilan pol lbh terjamin.
- Pemerintahan kt akan jd efisien, krn sistem federal jstr tepat utk pengaturan ngr kepulauan dg sebaran wlyh yg sgt luas.
- Skrg ini kt sll khawatir akan munculnya ancaman disintegrasi teritorial, krn paham separatisme msh dianut olh sbgian masy di luar Jawa.
- Ancaman itu nnt akan hilang. Lenyapnya prasaan "terjajah" di klngn elit pol di luar Jawa, mengakibatkn sirnanya usaha "pembebasan" diri.
- Dampak sinergi atr kekuasaan pol, SDM thd Indonesia yg federalis sgt dahsyat.
- Sinergi itu akan memicu "revolusi" pemb scr berkelanjutan n merata di Ind dg tingkat akselerasi yg sgt tinggi pula.
- Apa yg akan ttjd nnt? Pertama, akan tjd pningkatn produktivitas di byk daerah di luar Jawa.
- Akibatnya, daerah2 tsb akan mmbuthkan tenaga kerja dlm jmlh yg sgt besar.
- Hal ini akan mendorong terjadinya perpindahan SDM trtm dr Jawa ke luar Jawa.
- Ini berarti bakal tjd migrasi srr besar2n di Indonesia, n dlm jmlh yg blum prnh tjd sebelumnya!
- Tdk mustahil, dlm wktu 10-15 th pertama sejak penerapan sistem federal, kota2 bsr di Jawa akan mengalami penciutan penduduk smp 25%.
- Klo hal ini bnr2 tjd, mk pndduk P Jawa scr keseluruhan akan menyusut sktr 10-15% dlm kurun waktu yg sm.
- Skala migrasi sukarela ini sgt luar biasa bila dibndingkan dg pencapaian program transmigrasi Orde Baru.
- Bayangkan, puluhan juta org akan berpindah scr sukarela, atas biaya masy sndiri.
- Pdhl slm 30 th pem Orba tlh habiskan dana dlm jmlh yg tak terkira besarnya utk pengngkutan n penyediaan lahan bg pr transmigran.
- Nilai biaya yg dikeluarkan psti lbh bsr lg jk dihitung kegagalan dan inefisiensi program tsb.
- Kedua, utk perlancar arus migrasi tsb tntu sj RI yg federal akan perlu mengembangkan sistem perhubungan n transportasi nasional.
- Armada darat, laut n udara hrs dikembangkan, smntr puluhan ribu km jln raya n byk plabuhan laut srta udara mesti di bangun di daerah2.
- Tdk tau sy brp byk bis, kapal laut n pswt udara yg hrs disediakan.
- Yg pasti, klo skrg airliners mengeluh kekurangan penumpang di Ind Timur, nnt mrk akan mengeluh krn kekurangan armada.
- Dg asumsi ini, tdk sulit diperkirakan bhw dunia usaha pengangkutan akan terdorong berkembang dg pesat.
- Pengembangan sarana2 tsb sdh pasti akan membuka kesempatan kerja bg jutaan tenaga kerja.
- Bayngkan pula brp byk lmbg pendidkan, balai latihan kerja serta SDM yg diperlukan utk melatih jutaan tenaga kerja itu.
- Tdk dpt sy bayangkan saat ini brp byk sektor lainnya yg akan terpacu oleh perkembangn ini. tdk ketinggalan sektor niaga.
- Namun demikian, sy yakin skl dampaknya akan benar2 dahsyat!
- Tak perlu diragukan bhw semua ini akan mengundang investasi yg menguntung dlm jumlh yg amat bsr pula.
- Dan nnt kt tdk perlu lg persoalkan keengganan investor utk pergi ke daerah2.
- Masy daerah yg terpuaskan oleh pemb di daerahnya akan menjauhkan diri dr gejolak pol n keamanan.
- Itu mrpkn jaminan yg lbh dr memadai bg pr investor utk berinvestasi bahkan di daerah2 terpencil sklpun.
- Jk smua itu bnr2 tjd, tdk dpt sy byngkn skg ini bgmn pkembangn eko n keuangn kt nnt, n btp dahsyatnya dmpak sinergi inithd sektor2 lain
- Wajah Indonesia nnt tentunya tdk akan lg spt pd hari ini.
- Ketiga, apabila migrasi itu bnr2 tjd dlm skala sebesar yg sy perkirakan, dampaknya jg sgt dahsyat thd perkembangan kota2 bsr.
- Jkt, Surabaya, Bandung, Semarang n kota2 lainnya mjd nyaman utk didiami. Kemacetan n polusi udara akan sgt berkurang.
- Daerah2 kumuh jg akan menciut seiring dg perpindahan pnduduk ke pusat2 produksi baru, shg penataan kota akan jd lbh mudah dilakukan.
- Tingkt kriminalitas di kota2 bsr akn merosot scr tajam. Sbb, mrk yg terdesak krn faktor ekonomi akan cr pekerjaan halal di luar Jawa.
- Keempat, kota2 bsr n provinsi2 padat pnduduk yg brhsil kirimkan tng kerja dlm jmlh bsr ke sentra2 prod br, akan nikmati keuntugn lain.
- Keuntungan itulah yg slm ini mgkin tdk prnh terbayangkan!
- Keuntungan2 itu brupa "bertambahnya" sarana yg dimiliki kota2 n prov2 tsb tanpa menambah investasi baru.
- Sarana itu adl fasilitas2 yg "ditinggalkan" olh tng krja yg brmigrasi ke daerah lain, spt listrik, komunikasi, trnsportasi n air bersih.
- Pem setempt akn dpt alihkan semua fasilitas itu dr sektor konsumtif ke sektor2 yg produktif, shg lbh menguntungkan scr ekonomi.
- Hal ini berarti tjdnya "penambahan" sarana produksi tanpa investasi baru.
- Kelima, mningkatnya kesejahteraan masy kota2 bsr n provinsi2 tsb. Ada dmpak positif lain yg luar biasa, atr lain berupa pemasukan pajak.
- Dg meningkatnya penerimaan pajak berarti meningktnya kemmpuan pem stmpat utk menyediakan pelayanan yg lbh baik n lbh byk.
- Ini jg menimbulkan multiple effects yg mendorong peningkatan kesejahteraan masy.
- Keenam, berbeda dg program transmigrasi ms lalu, migrasi penduduk dr Jawa kali ini akan disambut dg gembira olh masy luar Jawa.
- Hal ini krn penduduk luar Jawa memelukan pr pekerja utk mengolah SDA yg mrk miliki.
- Masy di luar Jawa akan menyadari bhw tnp tng kerja dr Jawa n dr daerah2 lain, mrk tdk akan dpt menikmati SDA yg melimpah itu.
- Mmg lm ini masy setmpat cmburu menyaksikan pr transmigran memperoleh berbagai keistimewaan dr pem pusat.
- Nnt mrk malah yg justru mendorog Pemda utk sdiakan aneka fasilitas agr pr "transmigran" itu bersedia datang ke daerah mrk.
- Fasilitas2 tsb al brupa keringanan biaya pendidikan, subsidi perumahan, pengurangan pajak, dlsb.
- Ketujuh, di satu segi, proses itu akan menumbuh rasa sharing of prosperity, yg slm ini tdk dirasakan masy setempat.
- Di lain pihak, perkembangan ini memperkuat integrasi nasional.
- Perkembangan ini tentu sj berlawanan dg apa yg slm ini dikemukakan oleh kaum penentang federalisme.
- Sdh masuk wktu subuh utk DKI, jd sekian dulu. Selamat pagi.
Copy dari : http://chirpstory.com/li/66301
Part 4
- Mari lanjutkan diskusi ttg federalisasi Indonesia.
- Kata kunci dlm federalisme adlh kemakmuran bersm ato pmbagian kmakmuran. Dasarnya adl saling memerlukan atr 1 daerah dg daerah lain
- Rs slg memerlukan ini sgt penting dlm upaya kt meningkatkan integrasi bgs. Dan ini berkembang pd tataran masy yg slm ini hmpr tdk ada.
- Ini lbh bermakna lg, krn slg rs memerlukan ini terjalin scr tdk formal dlm tubuh masy.
- Itulah yg nntinya akn memantapkan budaya pol integratif di klngn wrgnegara.
- Pembgian kemakmuran itu jg bermakna bhw penyebaran penduduk tdk prl lg diatur2 ato dipaksa2 olh pem pusat.
- Prpindahn pndduk hrs tjd scr alamiah, shg tdk timbulkn effek yg tdk dikhndaki. Prgam transmgrs slm ini sgt tdk eknomis; biayanya bgt bsr.
- Biaya politiknya jauh lbh mhl lg. Sbb, fasilitas yg diberikan pem slm ini tlh timbulkan iri hati n sakit hati masy luar Jawa.
- Akibatnya, hub atr masy luar Jawa dg pem jd renggang, slain mrusak hub mrk dg masy Jawa.
- Entah disadari ato tdk, itulah slh satu sumber ancaman disintegrasi slm ini.
- Jd, sistem federal justru dpt mengembangkan hub yg "mesra" atr masy luar Jawa dg pem, n atr sesama wrgnegra.
- Klo daerah2 di luar Jawa bnr2 mampu sediakan ksmptan krj dlm jumlh bsr kpd pdduk P Jawa, mk istlh TKI akn hilang dr kamus perburuhan kt.
- Dg demikian bgs kt tdk akn dihina lg olh bgs lain, yg slm ini mmperlakukan TKI, aplg TKW, ibarat budak.
- Dg sendirinya hal itu akan mengangka martabat bgs kt n mmperbaiki citra RI di mata internasional.
- Jk masy daerah mjd smakin kreatif n smkn produktif, mk akn smakn bsr pula pajak yg dpt ditarik oleh pem pusat.
- Itu adl kondisi yg sgt logis n tlh terbukti di berbagai ngr federasi lain.
- Krn itu tdk ada pem federal yg miskin (dibandingkn dg pem daerah bagiannya); seringkali posisi keuangan pem federal demikian kuatnya.
- Saking kuatnya keuangan pem federal, acapkali ia mmbantu ato mmberi pinjaman utk tingkatkn kreativitas n produktifitas masy neg bagian.
- Knp? Krn smkn tinggi kreativitas n produktivitas daerah, mk smkn bsr pula pajak yg ditrima olh pem federal!
- Dg tjdinya peningkatan krreativitas n produktivias di luar Jawa sdh pasti akan mendongkrak ekspor nonmigas.
- Itu berarti bhw devisa akn mengalir masuk dg deras, shg mmbantu menstabilkan keuangan negara.
- Dan ini akan mempermudah n memberdayakan RI utk bayar hutang luar negerinya!
- Pndpt ini tntu brbeda dg pikiran sbgian ekonom kt. Mnrt mrk, pnerapan sistem federal jstru akan perkecil kmungkinan RI lunasi utang LN.
- Bagi mrk, SDA luar Jawa adlh satu2nya sumber yg dpt digunakan utk bayar hutang RI.
- Krn itu mrk berpndpt bhw SDA hrs tetap dikuasai pem pus.
- Krn itu mrk tdk setuju RI jd ngr federasi. Sbb dg sistem federal, kontrol atas SDA akn terlepas dr tangan pempus.
- Itu pandangan yg konvensional, yg hrs ditinggalkn. Sm jg dg pndangan daerah yg ktkan bhw pempus hrs byr hutang, krn pempus yg berhutang.
- Dg ke 2 sikap konvensional itu kt tdk akan prnh mengatasi mslh yg kt hadapi. Krn itu diperlukan sikap yg inkonvensional.
- Sdh sy tunjukkn bhw dlm persoalan eko, n khususnya mslh hutang int'l, pranan yg dpt dimainkn federasi tdk spt yg dipikirkn pr ekonom kt.
- Sistem federasl jg akan ubah cr2 kt tangani mslh keamanan n pertahanan, yg slm ini difokuskan utk hdpi ketidkpuasan daerah2.
- Cr2 tsb memerlukan biaya sgt mahal, baik sct ekonomi maupun politik.
- Pnangann spt itu tdk diprlukn dlm sistem federal, dimana penyelesaian mslh keamanan di pusatkan di setiap daerah, shg biayanya rendah.
- Hal ini akan bebaskan TNI dr beban pembinaan teritorial, dan memusatkan perhatian pd dimensi pertahanan negara.
- Dg demikian TNI akan mampu kembangkan diri mjd angkatan bersenjata yg dicintai n dibanggakan bgsnya serta disegani bgs lain.
- Sementara sekian dulu. Nnt akan sy smbung dg segmen terakhir. Mudah2n. Selamat siang.
Part 5 (habis)
- Mari lanjutkan wacana ttg negara federasi.
- Scr keseluruhan sy menilai bhw bntk ngr federasi sgt menjanjikan apabila pt diterapkan di Indonesia.
- Klo itu dpt dilakukan, sy pcy bhw negri kt ini akan berubh scr luar biasa, baik dlm arti fisik maupun nonfisik.
- Dlm bdg nonfisik akan tjd perubahan dahsyat dlm cr kt berpikir n memandang Indonesia.
- Nnt tdk akan ada gunanya lg bg kt utk mengkotak2kan Indonesia atas Jawa n luar Jawa, ataupun atr pusat n daerah.
- Atr lain, krn sdh ada wlyh kekuasaan yg jelas atr pusat n daerah. Di smping krn adany integrasi yg mantap atr masy Jawa n luar Jawa.
- Sdh psti tetap ada perbedaan atr masing2 unsur itu, namun tdk lg didasarkan atas kecurigaan satu sm lain.
- Krn itu pula hub antarsuku mjd lancar.
- Hal ini tntu sj akan sgt terasa pengaruhnya dlm bdg pol, terutama dlm cr kt menangani mslh2 pol n pemerintahan.
- Scr fisik, perubahan yg akn dialami RI lbh dahsyat lg. Tdk sulit bg kt utk membayangkan bgmn gambaran fisik Ind di ms depan.
- Bayankan sj, setidak2nya, bgmn dmpak dr migrasi puluhan juta pendduk dlm wktu yg relatif singkat.
- Dan itu dilakukan penduduk scr sukarela n atas biaya sendiri!
- Bayangkan jg, apa yg tjd dg kampung hlaman yg mrk tinggalkan.
- Bayangkan pula apa yg tjd di daerah tmpt tiggal mrk yg baru.
- Bayangkan jg brp byk uang, barang, n jasa yg terlibat di dlm proses migrasi itu.
- Tntu sj, pertama2, kt bcr ttg sarana n prasarana prduksi yg diprlukn utk mmungkinkn trjdinya migrasi tsb di daerah2 sentra produksi.
- Yg kedua, tntu kt bcr ttg sarana yg diperlukan utk memindahkan pendduk dlm jmlh yg sgt bsr ke sentra2 produksi baru itu.
- Yg ketiga, kt jg bcr ttg layanan yg diprlukan pnduduk yg bermigrasi itu di tmpt tiggal mrk yg baru.
- Menyangkut ketiga persoalan itu sbnrnya kt berbcr ttg investasi.
- Bayangkan brp bsr investasi yang ditanamkan olh pr investor, dr dlm maupun luar negri, dlm ketiga hal itu.
- Bayangkan brp byk uang yg beredar dlm ketiga bidang itu sj.
- Kemudian bayangkan pula, perubahan apa yg dpt tjd krn beredarnya uang dlm jmlh yg begitu byk dlm masy.
- Menanggapi semua itu, tntu sj tdk kurang byk pakar yg akan katakan bhw perkembangan spt itu dpt jg tjd dlm NKRI.
- Mrk itu berargumentasi bhw otonomi daerah, akan mmpu memajukan daerah2. Kemungkinan smcm itu tdklah mustahil.
- Akn ttpi tntu sj ada perbedaan atr otonomi daerah dlm kerangka negr kesatuan dg otda dlm kerangka sistem federal.
- Dlm ngr kesatuan, bsr keclnya kkuasaan pemda ditentukn olh pempus, sdg dlm ngr federasi, kkuasaan daerh ditentkn olh daerah itu sndiri.
- Ini berarti bhw tigkt inisiatif, kreativitas n produktivitas masy dlm negr kesatuan sgt tgantung pd kekuasaan yg dimiliki olh pempus.
- Artinya, tgkt inisiatif, kreativitas n produktivitas masy daerah ditentukan olh brp bsr kekuasaan yang dimiliki pemda.
- Bolh jg diktkan bhw tgkt inisiatif, kreativits n prdktivitas masy daerah trgntung pd tgkt inisiatif, kreativitas, n prdktivitas pempus.
- Sgkatnya ini berarti bhw klo pempus tdk becus, mk daerah pun tdk becus pula. Dan itulah yg slm ini tjd.
- Slain itu, pengalman Indonesia, tdk ada jaminan bhw otda dlm krangka negr kesatuan itu akn dilaksanakan sesuai keinginan masy luar Jawa.
- Sdh tll sering kt alami bgmn pempus sewaktu2 n jg dg sewenang2 mengingkari janjinya kpd masy daerah.
- Krn itu, sguh sgt sulit kt dpt yakinkn org2 di daerah bhw otda yg mrk trima dlm sistem kesatuan punya dmpak yg sm spt otda dlm federasi.
- Ada 2 alasan. Prtama, pempus tdk akan prnh brhenti melakukan intervensi thd pemda n akn trs melanggar janjinya.
- Hal ini krn kultur kebanyakan elit pol nas sarat dg nilai2 yg mendasari keinginan utk dpt tetap mencengkeram daerah2 di luar Jawa.
- Dg kultur yg demikian, kedua, elit pol nas tdk akan mau melakukan sharing of power scr ikhlas n jujur dg masy daerah.
- Olh sbb itu mrk akan berusaha utk tetap berpengaruh thd daerah2 dg sgl macam cara. Ada sjumlah fakta yg dpt dijadikan bukti.
- Pertama, lambannya pembuatan aturan pelaksanaan UU Otda.
- Kedua, UU Otda sll direvisi pempus sblum UU tsb benar2 dilaksanakan.
- Jd mmg sulit utk dibantah bhwa pempus pd dsrnya enggan mmberikan otonomi kpd daerah.
- Akan ttpi smkn lama akn smkn sulit bg pempus utk pertahankn posisi tsb.
- Hal ini a.l. krn ketidakpercayaan kpd pempus smkn besar. Ingat langkah pr gubernur se-Kalimantan yg mmbw UU Perimbangn Keuangan ke MK
- Dg demikian, jk konsep negr ksatuan msh dipaksakn jg kpd daerah, sy kuatir munculnya rsa kecewa dlm skala bsr hanyalah soal waktu sj.
- Bgmpun jg keadaan spt ini akan jd pemicu disintegrasi dlm masy kt di masa depan.
- Hal ini berarti bhw bgs kt akan trs mnrs berkutat dg hal yg sm sepanjang hidupnya. Sgh sgt memalukan n memilukan.
- Kendati bgitu, ada daerah yg ingin tetap menerapkan sistem unitaris. Sbaliknya ada pula daerah yg menginginkn sistem federal.
- Demi kepuasan smua daerah n kebaikan bersma, tdk ada salahnya kt ksh ksmpatan kpd masing2 daerah utk memilih mana sistem yg mrk suka.
- Daerah2 yg yakin mampu sejahtrakan rkytnya dg sistem unitaris, biarkan sj tetap dg prinsip negara kesatuan.
- Daerah2 yg mau menerapkan sistem federal, berilah kesempatan kpd mrk.
- Jd, satu negara dg dua sistem. Inilah solusi yg kompromistis n demokratis yg akan mmbuat RI tetap tegak n utuh.
- Tetapi sy yakin bhw solusi spt itu hy bersifat sementara sj. Mengapa?
- Krn rkyt di daerah2 unitaris pd akhirnya akan meninggalkannya, ktk mrk lihat bhw daerah2 yg federalis mulai menikmati keuntungan2.
- Terlepas dr itu smua, sy sdh mencoba memperlihatkan bgmn sistem federal dpt mensejahtrakan n memajukan bgs ini.
- Sekian dan mohon maaf atas kekurangan2. Selamat malam.