Kamis, 04 Juni 2009

Beberapa Saran Untuk Kelompok Kebugaran

Ketika berjalan menaiki tangga pusat kebugaran tempat saya bekerja, klien saya memandang pada saya dan berkata, "Zenon, saya pikir punggung saya telah cedera ketika mengikuti kelas kebugaran yang saya ambil kemarin. Saya mencoba untuk tetap melakukan gerakan inti latihan seperti yang Anda ajarkan tetapi masih saja terlalu berat."

Kemudian, saya berbicara dengan dua orang berbeda yang sedang menanti kelas kebugaran selanjutnya, dan salah satunya berkata pada yang lain, "Ini pelatih kita yang hebat - kelasnya sangat berat!"

Dengan krisis keuangan yang kita rasakan hari-hari ini, peserta pusat kebugaran justru lebih memilih untuk memenuhi kebutuhan kebugaran sehari-hari mereka dengan mengikuti kelas yang ditawarkan secara cuma-cuma di pusat kebugaran.

Hal ini baik dengan beberapa pertimbangan. Ini adalah lingkungan yang komunal, Anda dapat bertemu dengan teman dan tetangga dari komunitas Anda yang dapat memotivasi Anda untuk berlatih keras, dan itu menyenangkan.

Tetapi apakah melakukan latihan berat sama dengan kebugaran? Tentu jawabannya tidak bila Anda tanyakan hal ini pada klien saya yang telah cedera punggungnya saat mengikuti kelas kebugaran.

Saya selalu merekomendasikan, "Berlatihlah secara konvensional, dan hadapi berat badan dengan santai. Anda dapat selalu berlatih lebih keras esok hari. Tetapi jika Anda memaksakan diri terlalu keras saat ini, mungkin Anda tidak akan dapat berlatih lagi esok hari atau bahkan untuk waktu yang lebih panjang lagi."

Tujuan mengikuti suatu kelas kebugaran yang untuk meredakan kobaran semangat sangat jarang, yang lebih sering adalah memacu Anda hingga berlatih melebihi batas kemampuan Anda, kecuali Anda menghentikan latihan atau melakukan kegiatan Anda sendiri selama pelatihan dan itu sering merupakan pengalaman yang tidak mengenakkan. Ini sama sekali bukan sebuah cara untuk meningkatkan hidup yang sehat.

Bentuk latihan yang benar adalah hal penting bagi mereka yang ingin mendapatkan hasil sempurna dari latih-an kebugaran rutin.

Ketika bentuk latihan kita buruk, kita akan sering menggunakan otot yang salah dan dengan demikian akan menggagalkan tujuan kita melatih bagian itu. Lebih buruk lagi, Anda akan memperparah cedera dan nyeri lama, atau di dalam kasus klien saya, dia mendapatkan cedera baru.

Sangat sulit bagi seseorang menghadapi duapuluh peserta untuk memastikan semua orang telah melakukan gerakan dengan tepat. Bukan seluruhnya tergantung pada sang pelatih untuk menciptakan gerakan yang bagus, karena si murid juga perlu melakukan latihan dengan rajin. Akan tetapi saya khawatir saya harus mengatakan saya tidak melihat banyak kepedulian untuk melakukan latihan dengan tepat dalam kelas-kelas kelompok kebugaran.

Kebanyakan pelatih, terutama pelatih elite, memandang kelompok kebugaran sebagai "suatu kejahatan yang diperlukan dalam dunia kebugaran".

Ketika membicarakan tentang kelompok kebugaran dengan salah satu pelatih pribadi elite nasional, dia berkata, "Yah, mereka membantu menghasilkan uang." Seolah-olah hanya itu satu-satunya hal berharga yang bisa dia katakan tentang kelompok kebugaran.

Secara pribadi, saya tidak sependapat. Tentu saja ada tempat untuk kelompok kebugaran. Tetapi kelompok kebugaran secara keseluruhan membutuhkan standar dan tuntutan yang jelas dan peserta pusat kebugaran secara aktif mencari pedoman dan arahan mengenai bagaimana cara terbaik mengikuti kelas secara yang aman.

Berikut ini beberapa saran bagi penyedia jasa kelompok kebugaran:
  • Batasi jumlah peserta perkelas kurang dari 20 orang.
  • Pastikan bahwa masing-masing dan tiap-tiap orang mendapatkan perhatian dan koreksi langsung.
  • Gunakan lebih banyak waktu mengajarkan satu gerakan sebelum memulai kelas yang tidak teratur.
  • Cantumkan dengan jelas tingkat-tingkat intensitas latihan.

Dan ini saran bagi siswa kelompok kebugaran:
  • Pastikan latihan Anda benar.
  • Lakukan latihan Anda sebaik-baiknya di kelas.
  • Cari tahu siapakah pengajarnya, apa kecakapannya, dan sertifikat yang pernah diraihnya?
  • Selalu ajukan pertanyaan, tak peduli sekecil apapun.

Walaupun saya seorang pelatih pribadi, saya ingat saat mengajar kelas kebugaran dan seni bela diri bertahun-tahun lalu, dan itu sangat menyenangkan.

Saya berharap memiliki kesempatan untuk mengajar kelompok kebugaran lagi, tetapi jika saya melakukannya, saya berjanji pada Anda bahwa saya tidak akan membuat orang-orang mencederai diri mereka dengan latihan yang terlalu berat!

Sebagai gantinya, saya merencanakan untuk mengajar mereka dengan teliti maka ketika mereka mengerjakan latihan yang berat, mereka akan mendapatkan manfaat yang mereka harapkan. (Zenon Dolnyckyj/The Epoch Times/feb)

Zenon Dolnyckyj adalah seorang pelatih pribadi yang bersertifikat dan pelatih senam pembentukan tubuh di New York. Anda dapat menanyakan soal kebugaran dengan email di zenon4@mac.com
sumber : erabaru dot co dot id tanggal Kamis, 4 Juni 2009