Minggu, 11 November 2018

Wafatnya Sang Dai - KH Sunardi Syahuri




Sekilas tentang Bpk Sunardi Sahuri (alm)....
Beliaulah Bpk KH Sunardi Sahuri yang mengajarkan kami keikhlasan, selama beliau mengisi pengajian di masjid Al-Ikhlas Mergangsan Lor Yk sejak 1989-2002. Meski masjid kami masjid kampung yang tak terhitung sebagai masjid besar di Jogja, namun  beliau rutin mengisi kajian Ahad pagi dan Kutbah Jum'at di masjid kami. Beliau tidak mau dijemput, tidak mau diaturi “sesuatu”, baik berwujud uang, makanan, ataupun bingkisan. Suatu saat teman kami, Sigit Widyatmoko (dr) mengundang beliau, dia menanyakan kira-kira beliau enaknya diaturi bingkisan apa ya??? Saya jawab, “Coba beliau diaturi dhaharan misalnya ayam goreng.” Akhirnya ayam goreng jadi pilihan utk bingkisan tersebut. Setelah dihaturkan,  kemudian beliau menanyakan dapurnya di sebelah mana ya? dan akhirnya bingkisan tersebut malah diberikan kepada ibu-ibu di dapur masjid Suryodiningratan.

Setiap kali beliau mengisi kajian dalam rangka pembangunan masjid,  beliau selalu mengawali mengulurkan bantuan terlebih dahulu dari kocek beliau antara 1-5 jutaan untuk memancing jamaah ikut memberikan infaq di saat itu.

Beliau juga menginfaqkan harta beliau untuk agama senilai dengan pemberian kepada anak beliau.... bila putra beliau 3 yang keempat adalah untuk agama, bila putra beliau 4 yang kelima adalah untuk agama.

Beliau membentuk pengajian al-Muhtadin, pengajiannya para mualaf, beliau sering menghajikan mualaf dan karyawan yang terpilih. Setiap kami mau mengundang mualaf kami menanyakan karakteristiknya dengan yang ikut pengajian al-Muhtadin tersebut. Masalahnya banyak diantara orang yang mengaku mualaf ternyata mencari keuntungan dari predikatnya, ada yang dengan motivasi harta (bahkan ada yang memberi ceramah dengan hipnotis) sampai misi merusak Islam.

Ketika Almarhumah Ibu saya membuka praktek dokter, ibu saya juga diberikan kesempatan praktek di pondok pesantren beliau di belakang pom bensin Sitimulyo Piyungan sampai menjelang ibu saya wafat.... maturnuwun Pak Sunardi Sahuri, jazakallahu khoyr

Beliau juga sangat dekat dengan keluarga besar kami Bani Surono Prambanan, juga dekat dengan dik Muhammad Hidayat Nur Wahid....

Semoga beliau husnul khotimah

(copas dari suatu group WA).